apa itu tari celeng?

Yups. Setelah sekian tahun fakum dalam dunia tulis-menulis , kali ini saya admin mencoba hadir lagi tentunya tetap dengan info info yamg menarik tentang budaya dan seni dulu. Semoga info bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan kita. 

Apa itu tari celeng (celengan) ?
Untuk teman teman yang dari luar jawa mungkin asing dengan apa itu tari celeng, sebuah alat yang digunakan untuk pertunjukan seni tari yang biasanya ditampilkan dalam kesenian bersama kuda lumping atau jaranan. Celeng Adalah binatang mitiologis, yang merupakan kombinasi dari dua binatang, yaitu babi hutan(di jawa timur sering disebut "celeng") dan binatamg bertanduk seperti kerbau hutan. Wujud fisiknya berupa babi hutan bertanduk kerbau, dan dengan hiasan kalung kelonthong perunggu. Kalau dilihat secara kasat mata jelas itu babi hutan dari moncong dan hidungnya yang lampar,bertaring,berjurai,dan bertubuh kebulatan. Namun pada kepala terdapat tanduk lengkung, memiliki 4 kaki, dan ekor panjang serupa dengan seekor lembu. 
Dalam mitologi Bali, celeng srenggi adalah raja raksasa berwujud Babi hutan/celeng. Sebutanya "BawinSrenggi"
Di jawa sendiri celeng srenggi sering ditampilkan dalam seni pertunjukan jaranan. Biasanya menceritakan tentang raja babi hutan yang yang bertarung sengit melawan sekelompok pasukan berkuda. Nah.. dalam pertunjukan jaranan sesi itu disebut "celengan". Pemerannya bisa cewek / cowok ,berbusana mewah bagai ratu atau raja, ditanganya membawa figur pahatan dari kulit atau dari anyaman bambu yang berbentuk lebih mengarah ke babi hutan.

Seni tari "celeng" dalam pertunjukan tari jaranan
Biasanya dalam dalam pertunjukan "jaranan" ada sesi dimana sesi itu disebut "celengan" atau seni tari celeng yang biasanya diperankan oleh laki-laki atau perempuan. Dalam prakteknya dalam pementasan tari celeng tersebut ada jenis jenis gerakan yang ditampilkan oleh penari antara lain:
1.Solah
  Apa itu solah ? Solah dalam pentas seni jaranan adalah ragam gerak bebas yang menyimbolkan tokoh alami dalam dari tokoh yang diperankan. Misal pada tari celeng/celengan penari akan bergerak menyerupai binatang celeng/babi hutan yang buas dan gesit. 
2.Lampahan 
Lampah berati jalan atau gerak kaki yang berjalan beriringan kiri dan kanan. Dengan badan agak sedikit mendak dan properti celeng digerakan atau disolahkan seolah seperti babi hutan sedang berjalan menyusuri hutan untuk cari mangsa. 
3. Sabet
Gerak sabetan atau mbesut gambaran menghalau zat negatif. Dengan cara menyabetkan properti celeng disertai dengan tendangan. 
4.Tancep
Properti celeng diletakan pada punggung. Gerak ini menyimbolkan bahwa kita harus senantiasa berjaga jaga jangan lengah dengan apapun. 
5. Silangan
6.junjungan celeng
7.gidro-gidro

Kesurupan dalam pertunjukan tari celeng
Sebenarnya kesurupan sendiri ada yang asli atau yang ngambuh "palsu" tentu dengan tujuan menambah kesan mistis dalam pertunjukan seni tari ini. Dalam prakteknya biasanya penari akan mengalami seperti kerasukan setaelah diberi ritual oleh "bopo" (sepeti orang yang dituakan dalam pertunjukan). Ritual tersebut biasanya dilakukan dengan membakar kemenyan, sesajen , dan dupa.
Oiya kesurupan itu kemasukan roh halus dalam tubuh sang penari atau sering disebut "ndadhi". Biasanya dalam pertunjukan seni tari celeng dan jaranan akan ditampilkan pada bagian terakir. 
Sebenarnya ini sudah diskenario oleh crew/anggota untuk melakukan atraksi atau "ndadhi" kesurupan. 

Mungkin itu dulu yang dapat saya bagikan dalam seni tari celeng . Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "apa itu tari celeng?"

Post a Comment